Powered By Blogger

Minggu, 29 November 2009

MUI JATIM

MUI Jatim Usulkan Film 2012 Ditarik dari Peredaran
suarasurabaya.net| Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur mengusulkan pada pemerintah agar menarik peredaran dan penayangan film 2012 yang disutradarai ROLAND EMMERICH karena menimbulkan keresahan masyarakat.

Meskipun mengakui belum menonton film itu, kata KH. ABDUSSOMAD BUCHORI Ketua MUI Jawa Timur, film yang plotnya bercerita tentang ramalan hari kiamat akan menyesatkan jika tidak dikemas dalam kerangka agama. “Kiamat itu soal ghoib. Umat Islam memang wajib percaya adanya Hari Kiamat, tapi soal jam, tanggal, bulan, dan tahun, tidak ada manusia yang tahu. Itu adalah domain Allah SWT,” ujar ABDUSSOMAD.

Jika plot tentang Hari Kiamat dibungkus menjadi film yang tidak bernuansa agama, jelas ABDUSSOMAD, maka dampak negatifnya akan lebih besar. Diantaranya adalah membuat masyarakat yang meyakininya akan meninggalkan aktivitas kesehariannya. Hal ini, tegasnya, jelas akan mengganggu keteraturan sosial.

Selain itu, meskipun hanya berupa film fiksi ilmiah, kekuatannya mampu untuk membentuk opini publik. Jika opini ini sudah diyakini tanpa didasari Al Qur’an yang menjadi pegangan bagi umat Muslim, jelas ABDUSSOMAD, maka ini jelas akan merusak akidah.

Respon negatif atas peredaran film yang sudah ditayangkap bioskop-bioskop di Jawa Timur itu sudah mulai disuarakan kalangan ulama. MUI Malang, misalnya, sudah memberikan thausiyah agar umat Islam tidak melihat film tersebut.

Film yang dibintangi JOHN CUSACK, DANNY GLOVER, dan CHIWETEL EJIOFOR ini bercerita tentang hancurnya Planet Bumi pada tahun 2012. Film ini menjadi kontroversial karena adanya ramalan suku Maya di Amerika Selatan tentang kiamat yang terjadi pada tahun 2012.

Di Surabaya, sejumlah bioskop kelompok Studio XXI sudah menayangkan film ini sejak minggu lalu.(edy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar